17 Tip Keamanan e-Mail untuk Pengguna Biasa
Keamanan email bukan hanya penyedia email atau tanggung jawab administrator. Itu tanggung jawab setiap orang. Berikut adalah daftar tip keamanan yang harus dimiliki oleh administrator server email agar dapat berbagi spam dan malware dengan minimal absolut.
– Permintaan informasi pribadi seperti password atau nomor e-KTP, SIM identitas lainnya.
– Kata-kata seperti "Urgent" / memberikan rasa urgensi palsu.
– Alamat email palsu.
– Tulisan buruk atau tata bahasa yang buruk.
- Arahkan mouse ke tautan sebelum mengkliknya untuk melihat apakah URL terlihat sah. Daripada mengklik link, buka browser baru dan ketik secara manual di alamatnya.
- Jangan berikan alamat email anda ke situs yang tidak anda percaya.
- Jangan kirimkan alamat email anda ke situs web atau forum publik. Spammer sering memindai situs ini untuk alamat email.
- Jangan klik tautan "Unsubscribe" di email spam. Itu hanya akan membuat spammer tahu alamat anda sah, yang dapat menyebabkan Anda menerima lebih banyak spam.
- Paham bahwa pebisnis yang benar tidak akan pernah meminta informasi pribadi melalui email. Jangan mengirim informasi pribadi dalam pesan email.
- Jangan membalas spam. Sadarilah bahwa jika Anda membalas email spam, balasan Anda kemungkinan besar tidak akan kembali ke spammer asli karena header FROM dalam pesan spam kemungkinan besar akan dipalsukan.
- Jangan pernah berbagi password.
- Jangan akses Web mail di jaringan WiFi public.
- Pastikan anda log out aplikasi / web e-Mail anda.
Dalam banyak hal, jaringan anda hanya sekuat link terlemahnya. Jangan menjadi link yang lemah. Gunakan tool tambahan yang digunakan administrator untuk mencegah ancaman yang tidak diinginkan, pendidikan pengguna adalah kunci untuk menjaga keamanan jaringan anda.