8 tips untuk membantu menjaga informasi pribadi Anda agar tetap aman

Seluruh kegiatan Anda dari mulai berbelanja, mencari informasi baru, hingga bersosialisasi dengan teman-teman di media social semua ini dapat kalian akses hanya dalam genggaman. Prioritas utama adalah melindungi informasi pribadi Anda dari virus, spyware, dan peretas. 


    Berikut 8 tips untuk membantu menjaga informasi pribadi Anda agar tetap aman:

  • Hindari mengklik tautan atau lampiran
Para penjahat dunia maya dapat menipu para pengguna agar mengklik tautan yang diduga dari bank, operator telekomunikasi, perusahaan listrik atau gas, layanan pajak dan organisasi sah lainnya. Lakukan riset kecil sebelum Anda mengklik tautan atau lampiran tersebut apakah ada kesalahan ejaan atau alamat email yang tampaknya tidak benar.
  • Kata sandi adalah kunci keamanan Anda dalam dunia digital
Gunakan kata sandi yang unik dan kompleks dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol huruf besar dan kecil dan jangan gunakan kata sandi yang sama di seluruh akun Anda. Kepercayaan kepada pasangan menjadi sama pentingnya dengan #KepercayaanDaring terkait pinjaman online.
  • Amankan identitas Anda
Jangan membagikan kata sandi anda atau membuat kata sandi yang mudah ditebak. Pastikan untuk mengubahnya secara berkala. Pastikan jadi #KonsumenBijak dengan rajin-rajin mengganti kata sandi yang Kamu miliki.
  • Backup data Anda
Jika komputer Anda terinfeksi oleh ransomware, malware, atau crashes, satu-satunya cara untuk memastikan bahwa data Anda tidak hilang adalah dengan mencadangkannya secara teratur. Ini juga berarti bahwa jika Anda salah menaruh data atau menghapus sesuatu secara tidak sengaja, data tersebut dapat dipulihkan. Supaya #BelanjaNyaman di online melalui aplikasi Finshop memiliki back-up data menjadi amat penting
  • Pastikan bahwa Anda memiliki paket keamanan internet yang kuat
Dengan ancaman online yang semakin canggih, tingkat keamanan perlu ditingkatkan. Pilihkah paket keamanan yang paling terbaru sehingga dapat menangkal virus-virus baru yang datang.
  • Jaga agar semua perangkat lunak di PC Anda tetap mutakhir dengan pembaruan terbaru
Dengan menjaga agar perangkat lunak Anda tetap mutakhir, potensi kerentanan dapat ditambal dan menjaga PC dari kejahatan cyber.
  • Verifikasi tiap situs web yang anda buka
Sebelum memasukkan detail pembayaran ke situs web apa pun, periksa apakah URL dimulai dengan “https” dimana "s" adalah singkatan dari "secure". Hindari jika situs yang anda buka memiliki kesalahan ketik atau tidak ada bukti dari informasi keamanan atau simbol yang dikenali.
  • Apapun yang ada di Internet, akan selalu ada di Internet
Apa pun yang Anda unggah secara online, akan selalu ada di luar sana untuk dilihat semua orang. Jadi berhati-hatilah dengan informasi yang Anda bagikan di profil media sosial Anda dan ke situs mana Anda mendaftar.


Ref: https://www.finmas.co.id/page/blog/cara-mudah-melindungi-data-pribadi-dari-pencuri-data 

on Minggu, 20 Desember 2020