Bahaya WhatsApp MOD

Mengenal WhatsApp yang dimodifikasi

WhatsApp modifikasi memiliki kemampuan untuk menghapus semua batasan yang dimiliki WhatsApp resmi. Aplikasi ini memang menawarkan sejumlah fitur unggulan yang tidak dapat ditemukan di WhatsApp resmi. Sebut saja fitur untuk mengirim foto dalam jumlah banyak sekaligus, menyembunyikan status online, atau memalsukan tampilan waktu 'last seen'.

WhatsApp modifikasi tidak tersedia secara resmi di Play Store. Pengguna harus mengunduh dan menginstal secara manual aplikasi ini di situs pihak ketiga. Sudah jauh dikenal sebelumnya, berbagai aplikasi yang diunduh di situs pihak ketiga tak bisa dipercaya keamanannya.

Ancaman dari WhatsApp MOD


1. Keamanan privasi terancam

Aplikasi WhatsApp yang dimodifikasi akan mengirim dan menerima pesan melalui server Whatsapp resmi, mirip dengan aplikasi resmi. Meski begitu, ini bukan jaminan 100% bahwa pesanmu aman dan tak tersentuh oleh pihak ketiga. Ini tentunya dapat membahayakan keamanan privasi pengguna.
Menggunakan aplikasi semacam ini bisa menyebabkan kebocoran privasi. Aplikasi modifikasi ini bisa menyalin data seperti kontak, nama, media, dan pesan-pesan yang kamu kirimkan. Data-data ini bukan tidak mungkin bisa disalahgunakan oleh para pelaku cyber crime.

2. Akun bisa di blokir
Whatsapp telah membatasi pengguna untuk menggunakan versi aplikasi ilegal yang dimodifikasi. WhatsApp akan menangguhkan akun pengguna yang ditemukan menggunakan versi modifikasi dari WhatsApp. Jadi, risiko kehilangan akun juga tinggi saat menggunakan WhatsApp modifikasi.

3. Berpotensi membahayakan perangkat
Aplikasi WhatsApp modifikasi seperti WhatsApp Plus berisi tautan ke situs web berbahaya yang dapat diakses oleh server pihak ketiga. Tak cuma kebocoran privasi, aplikasi semacam ini juga bisa dapat menginstal adware di perangkatmu.

4. Tidak bisa melakukan pembaruan lewat Google play
Ketika versi aplikasi Whatsapp baru (dengan fitur baru) telah secara resmi tersedia di Google Play, kamu tidak bisa langsung memperbaruinya, Kamu harus menunggu sampai versi revisi terbaru dikeluarkan oleh pengembang pihak ketiga.

5. Berisi iklan
Iklan ini digunakan menghasilkan pendapatan. Pengembang yang tidak sah dapat menyertakan iklan di aplikasi mereka yang dimodifikasi kapan saja. Iklan ini pastinya sangat menganggu dan bisa membawamu mengklik situs-situs berbahaya lainnya.




Ref: https://www.harapanrakyat.com/2020/08/aplikasi-whatsapp-modifikasi/
https://hot.liputan6.com/read/4113520/5-risiko-menggunakan-whatsapp-yang-dimodifikasi-bisa-ancam-privasi

on Kamis, 17 Desember 2020