Email

Definisi Umum Email
Definisi atau pengertian email / surat elektronik yang disingkat sebagai surel merupakan suatu bentuk sarana dalam kirim mengirim surat menggunakan jaringan komputer dan jaringan internet. Email saat ini menjadi suatu bentuk kirim mengirim yang modern dan menggantikan posisi dari surat menyurat biasa menggunakan kertas.

Fungsi Email
Email dapat disebut sebagai suatu alamat resmi dalam dunia maya yang dimiliki oleh seseorang atau organisasi dan perusahan serta perkumpulan tertentu. Melalui keberadaan email, maka email tersebut dapat terhubung dengan jaringan internet dan membantu kita dalam menggunakan dan berkegiatan dengan berbagai hal yang berhubungan dengan internet.

Metode Pengiriman Email
Untuk dapat mengirim sebuah email, tentunya anda perlu program mail client. Tahapannya jika digambarkan adalah mulai dari email dikirim -> internet -> POP 3 Server penyedia email penerima -> mail client dalam komputer penerima email -> email dapat dibaca oleh penerima.

Keamanan Dalam Email
Keamanan data dalam email tidak selalu terjamin dengan baik karena adanya risiko terbuka bagi umum yang artinya semua isi dalam email dapat terbaca oleh orang lain.
Hal ini dikarenakan email akan melewati banyak sekali server sebelum akhirnya dapat diterima oleh penerima email tadi. Email dapat diamankan dengan memakai teknik enkripsi atau pengacakan yang disediakan oleh program populer bernama Pretty Good Privacy (PGP).



on Jumat, 18 Desember 2020