Tip Keamanan Internet - untuk menghindari situs web cybersquatters

Berikut adalah beberapa tip berguna untuk membantu memastikan anda tidak menjadi mangsa cybersquatting cybercriminals:
  • Ketik URL - dan pastikan itu benar-benar akurat. Bila ingin mengunjungi situs web tertentu, lebih aman mengetik URL ke address bar di browser web anda - daripada mengeklik tautan. Setelah mengetik URL, anda harus hati-hati memeriksa apakah sudah benar - sebelum anda menekan tombol enter pada keyboard Anda. Kesalahan ejaan bisa menyebabkan anda diarahkan ke situs web cybersquatter - dan situs tersebut mungkin berisi perangkat lunak berbahaya.
  • Jangan membuka email yang mencurigakan - atau klik tautan di dalamnya - Jika anda menerima email yang mencurigakan - terutama email yang mengklaim berasal dari atau terkait dengan situs media sosial - mungkin bijaksana untuk tidak membukanya dan menolak godaan untuk mengklik tautan apa pun di dalamnya. Sebagai gantinya, anda harus mengunjungi situs yang diklaim pesan tersebut - sehingga anda dapat langsung mengakses pemberitahuan atau pesan yang ada di situs ini.
  • Hilangkan kerentanan di OS dan aplikasi Anda - Pastikan sistem operasi (OS) anda dan semua aplikasi yang berjalan di komputer anda - termasuk browser dan plugin - diperbarui secara berkala. Ini akan membantu menghilangkan kerentanan yang bisa dimanfaatkan oleh malware jika anda mengunjungi situs web cybersquatter.
  • Instal perangkat lunak keamanan Internet - dan tetap update - Solusi antivirus yang efektif - termasuk firewall - dapat membantu melindungi komputer anda, dengan memblokir subdomain berbahaya. Beberapa perangkat lunak keamanan juga akan memperingatkan anda tentang risiko jika percaya bahwa anda akan memasuki domain yang berpotensi berbahaya. Untuk membantu memaksimalkan perlindungan anda, pastikan perangkat lunak keamanan anda diperbarui secara rutin.


on Minggu, 20 Desember 2020